Recent Posts

Selasa, 17 Januari 2017

CORETAN PIKIRAN

Bismillahir rahman nirrahim...
Mungkin ini adalah permulaan bagi saya. Untuk awalan mungkin saya akan sedikit mengutarakan suatu pendapat.
Image result for anak remaja

Banyak di zaman ini di temui banyak anak muda (tidak semuanya) sehingga dikatakan mayoritas gaya hidupnya mengikuti budaya barat. Sekalipun barat tetapi tidak tentu arahnya to!!!
Karena memang masa remaja bagiku seperti menentukan masa depan dan seperti suatu tes untuk menuju kemapanan diri. Seperti, bagaimana kita mengontrol perilaku kita, ucapan kita dan hal-hal lainnya yang menunjukkan adat ke-timuran kita.

Mungkin, yang terbiasa gaya hidupnya belum mengenal budayanya sendiri akan menganggap sebagai suatu hal yang ribet. Terlalu banyak aturan. Tetapi begitulah hidup karena mungkin setiap perilaku kita akan menghasilkan berbagai macam akibat. Misal, apabila kita tidak berhati-hati dalam berkata, bisa saja kita menyakiti hati orang lain dan sampai menyebabkan dendam hingga dendam itu tertanam kuat pada keturunannya, dan mungkin keturunannya harus menanggung akibat itu.

Oke kembali lagi....
Mungkin maksud saya adalah menanamkan adat ke-timuran kepada anak sejak kecil dan tentu disertai belajar keagamaan. Banyak anak muda sekarang yang hanya mengikuti trend yang sedang banyak diikuti, merasa tidak keren jika tidak mengikuti. Hal itu seperti anak yang tidak memiliki keinginan kuat dan tujuan dalam hidupnya. Remaja memang rentan. Remaja itu seperti mantan anak-anak dan menjadi calon dewasa. Banyak sekali rintangan untuk melewati masa peralihan. Seperti musim kemarau ke musin hujan atau sebaliknya. Mungkin saja orang yang pada masa remajanya awut-awutan berakibat memilki masa depan yang kurang baik. Remaja memang suka mencoba hal-hal baru dan seharusnya sudah dapat membedakan mana yang baik mana yang buruk.

Dalam hal ini tentu pendidikan dari orang tua sangatlah penting dan berpengaruh bagi kehidupan anaknya. Menanamkan kebiasaan, seperti berdo'a sebelum melakukan suatu kegiatan, membantu orang tua, dsb. Pendidikan dari orang tua bisa menjadi suatu benteng agar saat melangkah menuju dunia masyarakat tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Terutama pada masa remaja adalah mulai adanya rasa suka terhadap lawan jenis. Ini adalah suatu hal yang wajar. Tetapi cara menyikapi dan cara mengungkapkannya yang mungkin bermasalah jika salah arah. Bahkan saya heran, sering saya lihat anak-anak sudah mengenal barang yang terlarang bernamakan "PACARAN". Banyak sekali saat ini tontonan yang kurang baik terutama untuk anak-anak. Lagi-lagi peran orang tua harus menyertai dalam hal ini.
Mungkin hanya itu yang bisa saya ungkapkan....

Saya akan memberi sedikit kata-kata:
1. Jangan berpikir Tuhan tidak adil. Jangan sekali-kali berkata seperti itu.
2. Selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah karuniakan kepada dirimu sendiri, keluarga, sahabat yang baik, makanan yang enak, menghirup udara yang bebas. Tentu kalian tidak akan bisa menghitungnya.
3. Untuk perempuan, ingatlah di masa remaja kalian membawa suatu kehormatan, jagalah.
4. Selalu ingat akan orang tua kalian yang sudah merawat kalian selama ini.
5. Sempatkanlah untuk merenung apa yang selama ini kalian lakukan.

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca. Semoga bermanfaat............

0 komentar:

Posting Komentar